5 Kolaborasi Band dan Musisi Terkeren Di Indonesia

5 Kolaborasi Band dan Musisi Terkeren Di Indonesia

Pada akhir tahun 2010 -an, tren kolaborasi para musisi memang menjadi salah satu  hal yang sedang marak dilakukan oleh para musisi tanah Air. Ada banyak  acara musik digelar yang dengan menampilkan kolaborasi band yang ciamik dengan sejumlah musisi ternama di Indonesia.

Kolaborasi Band dan Musisi Terpopuler di Indonesia

5 Kolaborasi Band dan Musisi Terkeren Di Indonesia

Di mata para fans, tentu saja ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dimana  dapat berkerja bareng untuk menciptakan sebuah karya lagu yang sangat keren. Pada tahun 2000 an sudah tercatat berbagai kolaborasi yang sangat keren diantara para musisi lintas genre di Indonesia, Berikut ini 5 kolaborasi terbaik, yaitu :

  • Once Meker & Gugun Blues

Once Mekel adalah seorang vokalis dari grub Dewa 19. Pada album solo perdananya yang dirilis pada tahun 2012, menampilkan kolaborasi antara dirinya dengan banc rock Gugun Blues Shelter yang berjudul Mystified. Perpaduan vokal Once dan Riff dalam lagu ini menghadirkan warna musik yang asyik didengar oleh telinga. Lagu Mystified sendiri merupakan lagu rock yang sangat keren dan antimainstream. Sehingga mendapatkan penghargaan pada AMI Awards untuk katagori Best Collaboration Production Work

  • Koil & Ahmad Dhani

Siapa sih yang gak kenal dengan Ahmad Dhani? Ahmad Dhani merupakan seorang musisi yang sangat terkenal di Indonesia. Dia berkolaborasi denhan The Rock yang mempopulerkan singel pertamanya berjudul Munajat Cinta. The Rock bersama Ahmad Dhani menghadirkan sebuah kolaborasi band yang sangat dahsyat yang belum ada. The Rock sebelumnya juga pernah berkolaborasi dengan Rock Koil untuk single yang berjudul Kenyataan Dalam Dunia Fantasy. Kolaborasinya dengan Ahmad Dhani ini muncul dalam album Best of Republik Cinta Compilation.

  • Burgerkill & Fadly Padi

Kedua kolaborasi ini beda dengan yang lainnya. Bagaimana tidak, kedua band ini mempunyai jenis suara yang berbeda dimana Fadli yang merupakan vokalis band Padi yang mempunyai suara halus. Sedangkan, Burgerkill mempunyai tipe suara yang kencang.  Akan tetapi, kolaborasi keduanya menampilkan tampilan musik yang sangat berwarna.

Fadli dan Burgerkill berkolaborasi menghasilkan sebuah lagu yang berjudul Tiga Titik Hitam  yang dimasukan dalam album Burgerkill yang berjuduk Berkarat pada tahun 2002. Berkat kolaborasi band ini, keduanya mendapatkan penghargaan dalam ajang Anugrah Musik Indonesia (AMI) pada tahun 2004.

  • Seringai & Danilla Riyadi

Pada tahun 2018, band  Seringai kembali meluncurkan album keempat yang berjudul Seperti Api. Dalam Album ini Seringai menggandeng Danilia Riyadi yang pada saat itu merupakan solois lagu pop yang sedang naik daun. Seringai memintanya untuk mengisi vokal pada track yang bernuansa doom metal ini.

  • Isyana Saraswati dan DeadSquad

Penyanyi cantik Isyana Saraswati ini sempat membagikan cuplikan video latihan dirinya dengan Deadsquad di sebuah studio yang mana malah berujung pada penampilan yang menarik dan sangat dahsyat yang berdurasi 26 menit di panggung virtual IDGAF 2021.

Bagi siapa saja yang menonton pasti bakalan terpesona dan juga terpanah dengan penampilan live musik yang mengangkat tema Crossover : Isyana Saraswati x DeadSquad. Semua orang dapat menyaksikan bagaimana vokal keduanya membaur menjadi satu menghasilkan suara yang merdu dan indah.

Selain lima kolaborasi band di atas, masih banyak sekali musisi dan band yang saling berkolaborasi. Kolaborasi mereka mendapatkan apresiasi yang sangat besar pada semua kalangan masyarakat Indonesia dalam menciptkan sebuah maha karya yang sangat indah.